Pelayanan Terpadu Bagi Masyarakat Akan Dibuka di Danau Kerinci

oleh -233 Dilihat
pj bupati kerinci, asraf
Pj Bupati Kerinci, Asraf. (Ist)

Angsoduo.net – Pasca dilantik menjadi Pejabat (PJ) Bupati Kerinci, beberapa pekan lalu, Asraf, langsung membuat gebrakan baru di kabupaten Kerinci, yakni dengan membuka semua pelayanan untuk berkantor di kantor UPTD Danau Kerinci.

Gebrakan yang dilakukan PJ Bupati Kerinci ini, untuk masyarakat Kerinci yang berada di wilayah Hilir ketika berkaitan dengan pelayanan seperti di Dukcapil, Pemdes dan lainnya harus menempuh jarak yang cukup jauh ke perkantoran Bukit Tengah.

“Ya, kita sudah meninjau lokasi kantor UPTD sebagai tempat pelayanan, kita buka setiap hari Rabu, ini mewujudkan pelayanan yang prima dan mudah untuk masyarakat,”jelasnya pada Senin (13/11) kemarin.

Dijelaskan Asraf bahwa, nanti setiap hari Rabu di UPTD Danau Kerinci akan ada pelayanan terpadu atau bisa dikatakan dengan Pelayanan Publik mini di Danau Kerinci. Beberapa Opd yang terkait dengan pelayanan, akan menempatkan stafnya untuk melayani masyarakat berurusan di Danau Kerinci tanpa mengurangi Pelayanan di perkantoran Bupati di Bukit Tengah.

“Pelayanan di Bukit Tengah tetap jalan, di UPTD Danau Kerinci juga tetap jalan. Saat ini masih dalam proses persiapan, insyaallah kalau tidak ada halangan pada Rabu tanggal 22 November mendatang akan dibuka secara resmi,” tegas Asraf.

Seperti di Dinas Dukcapil yang terutama, nanti masyarakat yang berada di wilayah Hilir jika mau membuat KTP, KK atau Akta Kelahiran tak perlu lagi sibuk-sibuk ke kantor Dukcapil yang ada di Semurup. Akan tetapi pada setiap hari Rabunya, sudah bisa membuatnya cukup datang ke UPTD Danau Kerinci.

“Bahkan untuk seperti pembuatan KK dan Akta Kelahiran, sudah bisa ditunggu dan langsung selesai pada hari itu juga. Hanya saja untuk KTP, perekamannya disana namun hasilnya menunggu cetak di Kantor. Karena, untuk hasil yang bagus harus menggunakan mesin cetak yang ada di Kantor,” bebernya.

Begitu juga dengan beberapa OPD lainnya seperti BPJS, Pemdes, Perizinan, dan Samsat. Nanti masyarakat akan bisa melakukan pelayanan cukup datang ke UPTD Danau Kerinci setiap hari Rabu.

“BPJS, nanti masyarakat yang ingin mendapatkan dan mengurus BPJS untuk wilayah hilir cukup mengurus di Danau Kerinci, akan bekerjasama dengan Dinsos dan Dinas Kesehatan,”sebutnya.

Termasuk juga dengan perizinan dan Pemdes. Tentunya bagi desa yang ingin mengurus persyaratan pencairan Dana Desa dan pelayanan lainnya.

“Jadi bagi Desa yang ada di Kecamatan Gunung Raya, Batang Merangin dan Bukit Kerman tak perlu lagi sampai ngekos di Sungai Penuh setiap kali berurusan saat pencairan Dana Desa. Namun untuk penarikan, tetap harus di Bank,” ucapnya.

Terkait hal ini, dalam waktu dekat Camat akan diminta membuat surat pemberitahuan kepada seluruh Kades, dan Kades akan memberitahukan kepada masyarakatnya masing-masing terkait akan adanya Pelayanan Publik mini di wilayah Hilir setiap hari Rabunya.

“Setiap hari Rabu jika tak ada halangan, saya akan berkantor di sana untuk terus mewujudkan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat,”tandasnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.