Dibuka Gubernur Jambi Al Haris, Festival Kerinci Ke XXI Tahun 2023 Berlangsung Meriah

oleh -280 Dilihat
Gubernur Al Haris Festival Kerinci ke XXI.
Gubernur Al Haris Festival Kerinci ke XXI. (Ist)

Angsoduo.net – Festival Kerinci ke XXI yang menjadi agenda Nasional, Kamis (2/11/2023) berlokasi di Dermaga Danau Kerinci resmi dibuka. Pembukaan dipimpin langsung Gubernur Jambi, Al Haris didampingi Bupati Kerinci, Adi Rozal.

Hadir dalam acara pembukaan Festival Kerinci yang dijadwalkan pelaksanaannya dari tanggal 2 hingga 5 November 2023 tersebut, pihak Perwakilan Kementerian Parekraf RI, Direktur Pengembangan Destinasi Regional 1 Kemenparekraf, S Utari Widyastuti, Pejabat Pemprov Jambi, Sejumlah Kepala Daerah dalam Provinsi Jambi, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Forkopimda, Anggota DPRD Kerinci, Kepala OPD Kabupaten Kerinci serta sejumlah tamu yang hadir.

Bupati Kerinci, Adi Rozal didampingi Wakil Bupati Kerinci, H Ami Taher dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan. Festival Kerinci merupakan manifestasi masyarakat Kerinci yang menjunjung budaya gotong royong dan budaya. “Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan telah menjadi even Nasional. Tujuan Festival Kerinci meningkatkan gerak peningkatan pariwisata, tidak hanya alam tapi budaya dan seni,” ungkapnya.

Dirinya berharap, Festival Kerinci bisa menjadi even yang disenangi pengunjung asal dalam Negeri maupun luar Negeri. Festival Kerinci pada dasarnya bertujuan meningkatkan pariwisata Kerinci dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mendukung Pariwisata kerinci, Pemkab Kerinci telah membangun infrastruktur, alhasil hingga Agustus 2023 kunjungan wisata telah melebihi target 192,41 persen. realisasi baru mencapai 60 persen. wisatawan banyak berkunjung alhamdulillah melimpah ke daerah tetangga untuk PAD, seperti pajak hotel dan restoran,” tambahnya.

Dirinya meyakini diakhir tahun banyak yang berkunjung ke kerinci, oleh sebab itu berharap dukungan pemerintah Pusat. dalam even kali ini Kementerian Pariwisata berupa sarana dan promosi. “Terima kasih kepada Menteri Pariwisata yang selalu mendukung Kabupaten Kerinci, hingga menjadi daerah tujuan wisata. Begitu juga dengan pak Gubernur dan semua pihak yang mendukung wisata Kerinci,” terangnya.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional 1 Kemenparekraf, S Utari Widyastuti, dalam sambutannya mengapreasiasi Pemerintah Kabupaten Kerinci serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Even Festival Kerinci secara berkelanjutan. “Alhamdulillah berkat usaha Pemkab Kerinci dan semua pihak Festival Kerinci masuk 110 even karisma Nusantara tahun 2023,” sebutnya.

Dikatakannya, Karisma even Nusantara mengedepankan kolaborasi melalui penyelenggaran even prioritas, fokus mempromosikan destinasi wisata, dengan tujuan peningkatan kunjungan wisata yang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. “Alhamdulillah capaian kunjungan meningkat di Kerinci, Semoga bisa mensejahterakan masyarakat Kerinci, sesuai target Kemenparekraf yakni peningkatan ekonomi masyarkat,” terangnya.

Gubernur Jambi, Al Haris dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Parekraf RI yang telah menetapkan Festival Kerinci jadi Karisma Nusantara. “Terima Kasih Pemkab Kerinci telah fokus dan melaksanakan Festival Kerinci dengan baik. Sehingga kunjungan wisata ke Kerinci terus mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Al Haris berharap dengan Festival Kerinci bisa meningkatkan seni budaya Kerinci yang terkenal dengan ragamnya. “Di Setiap desa di Kerinci punya seni budaya yang berbeda, seperti kenduri sko. Terus dilestarikan disamping wisata kerinci, semoga wisata Kerinci semakin maju,” harapnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.