Kloter Terakhir CJH Jambi Dilepas, Wagub Sani : Fokus Ibadah dan Lillahi Ta’ala

oleh -282 Dilihat
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani.
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani.Foto: Diskominfo Provinsi Jambi

Angsoduo.net – Kloter terakhir Calon Jemaah Haji (CJH) asal Provinsi Jambi dilepas keberangkatannya oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani. Pelepasan kloter terakhir atau kloter 24 ini dilakukan di gedung Asrama Haji Kota Jambi, pada Selasa (13/06/2023).

Kloter 24 ini merupakan CJH asal Kabupaten Kerinci dan kabupaten Tebo. Total jemaah yang tergabung dalam kloter 24 ini sebanyak 338 orang, yang terdiri dari CJH asal Kabypaten Kerinci sebanyak 226 orang dan Kabupaten Tebo sebanyak 104 orang.

Saat melakukan pelepasan keberangkatan CJH, Wagub Sani banyak memberikan pesan dan nasehat pada jemaah. Diantaranya, para jemaah diminta untuk fokus ibadah, jaga perkataan dan juga menjaga kesehatan.

“Fokus ibadah dan harus Lilla Hita’ala, apapun yang terjadi niat kita ibadah haji. Insya Allah kita akan selamat kembali dan berkumpul dengan keluarga di tanah air,” katanya.

Wagub Sani mengungkapkan, perlu disyukuri atas nikmat dan rahmat yang Allah SWT berikan kepada seluruh CJH ini. Sebab mereka diberi kesempatan untuk memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan Ibadah Haji yang belum tentu semua orang dapat melaksanakannya.

“Kita perlu syukuri atas nikmat yang Allah berikan kepada kita, dimana kita berkesempatan untuk melaksanakan panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaan Ibadah Haji adalah bagian dari Rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang yakni muslimin dan muslimat,” ujar Wagub Sani.

Menurut Wagub Sani, ibadah ini tentunya harus didukung oleh adanya kemampuan ekonomi yang memadai, sehat jasmani dan rohani serta adanya bekal pengetahuan tentang agama, khususnya seluk-beluk pelaksanaan Ibadah Haji yang memadai.

“Karena kita meyakini bahwa setiap amal perbuatan itu jika tidak dilandasi oleh ilmu yang cukup, maka tidak mendapat apa-apa selain ritualitas semata,” ungkap Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga berharap agar Calon Jemaah Haji asal Provinsi Jambi dapat menunaikan Ibadah Haji dengan baik serta menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

“Saya berdoa agar bapak/ibu diberikan ketabahan, kesehatan. Kesehatan fisik, kesehatan jiwa, kesehatan hati, kerena disana perlu kesehatan itu semua,” harap Wagub Sani.

Wagub Sani menambahkan, para Calon Jemaah Haji agar selalu menjaga ketertiban dan selalu tertib dalam melaksakan Ibadah Haji. Apabila ada permasalahan, baik itu di Embarkasi maupun di lokasi Ibadah Haji (Mekah) agar selalu berkoordinasi dengan Ketua Rombongan.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi mengucapkan selamat jalan, selamat menjalankan ibadah, dan mudah-mudahan sehat serta bisa melaksanakan Ibadah Haji dengan sempurna dan menjadi haji Mabrur dan Mabrurrah,” pungkas Wagub Sani.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Wahyudi Abdul Wahab menjelaskan, seluruh proses pemberangkatan Calon Jemaah Haji berjalan dengan baik yang tergabung dalam kloter 24, mulai pemberangkatan dari kabupaten, mobilisasinya kebandara, berjalan sesuai rencana.

“Tahun ini jemaah Provinsi Jambi juga mendapat tambahan kuota berjumlah 161 jemaah dan berangkat tanggal 23 Juni 2023 pekan depan. Dari 161 CJH yang sudah melunasi BIPIH Kuota tambahan baru 141 yg sudah melunasi (masih 20 yang belum terisi). Jemaah kuota tambahan akan tergabung dalam kloter 34, masuk ke Asrama Haji tanggal 22 Juni dan berangkat tanggal 23 Juni 2023,” kata Wahyudi.(red/adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.