Henrizal Diharap Diganti dari Pj Bupati Sarolangun, Ini Kata Rio Rafika Wata Aktivis Mahasiswa

oleh -480 Dilihat
Rio Rafika Wata Aktivis Mahasiswa
Rio Rafika Wata, Aktivis Mahasiswa. (Ist)

JAMBI, Angsoduo.net – Pj Bupati Sarolangun 2023 saat ini, Henrizal, sudah banyak yang menilai agar diganti dengan yang lain. Ini digungkap seorang aktivis mahasiswa Sarolangun, Rio Rafika Wata, Minggu (9/4/2023).

Untuk diketahui, masa jabatan Pj Bupati Sarolangun Henrizal akan berakhir di akhir bulan Mei 2023 ini. Tinggal menghitung hari lagi, nasib Henrizal ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

DPRD Sarolangun, berhak mengusulkan nama calon Pj Bupati Sarolangun untuk dilantik akhir Mei 2023 nanti. Menariknya, nama Henrizal, tak masuk dalam usulan DPRD Sarolangun tersebut.

Menurut penilaian Rio Rafika Wata, aktivis mahasiswa dari PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Sarolangun, penetapan Pj Bupati Sarolangun 2023 ini, diharap sesuai dengan regulasi administrasi negara dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut pengamatannya sebagai aktivis mahasiswa, Pj Bupati Sarolangun saat ini, Henrizal, dinilai tak cakap dan tak cekatan dalam mengatasi persoalan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Rio Rafika Wata mencontohkan konflik jalan antara satu perusahaan dengan masyarakat Sepintun.

“Secara empiris saya sebagai aktivis PMII memandang kinerja Pj Bupati Henrizal tak maksimal. Ia kurang bertanggungjawab,” tegas Rio kepada media ini, via pesan whatsapp, Minggu (9/4/2023).

Rio menceritakan, PJ Bupati Sarolangun Henrizal ini, disebut tak bertanggungjawab oleh masyarakat Sepintun atas kejadian rusaknya jalan di desa itu, akibat Pemkab Sarolangun memberi izin kepada PT AJC supaya menggunakan jalan umum sebagai jalan operasi perusahaan.

Akibatnya, jalan di Sepintun rusak parah. Kerusakan ini bertambah parah setiap hujan turun sehingga sulit dilalui. Jalan yang rusak akibat operasional PT AJC tersebut terletak di jalan kabupaten dari Kecamatan Pauh menuju Sepintun.

Di KM 23 jalan Pauh-Sepintun, kondisi jalan sangat susah dilalui sehingga hanya motor modifikasi trail yang bisa melalui jalan itu. Sedangkan motor biasa, motor matic maupaun kendaraan roda 4, tak bisa lewat.

“Dari itu, jelas kami menginginkan sosok yang baru untuk menjadi PJ Bupati Sarolangun 2023. Harus yang benar-benar paham situasi dan kondisi Sarolangun sesuai dengan usulan 3 nama dari orang tua kami di DPRD Sarolangun,” ulasnya.

Untuk diketahui, ada 3 nama calon Pj Bupati Sarolangun 2023 yang diusulkan DPRD Sarolangun. Yakni ;

1. H Muhammad : Kepala Bappeda Sarolangun

2. Helmi : Kepala Dinas Pendidikan Sarolangun

3. Waldi Bakri : Kepala BKPSDM Sarolangun

“Saya pikir mereka bertiga ini merupakan sosok yang memiliki sinergitas yang kuat untuk membangun negeri ini. Saya berdoa semoga di antara 3 orang putra daerah Sarolangun ini salah satunya bisa menjadi Pj Bupati Sarolangun. Amin,” jabarnya.

Selain itu, ia juga berharap Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri RI), hati-hati dalam memutuskan siapa Pj Bupati Sarolangun 2023 nanti.

No More Posts Available.

No more pages to load.