Catatan Ketua Edi: Investasi dan Kemanfaatan Bagi Daerah

oleh -170 Dilihat
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. (Ist)
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. (Ist)

Angsoduo.net – Sebelum kita bercakap cakap hari ini tentang investasi, rasanya belum terlambatlah kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan kepada yang menjalankannya. Semoga puasa kita tahun ini bisa lebih khusus dan mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.

Sambil menanti waktu buka, izinkan saya menyampaikan pendapat saya mengenai investasi yang dibutuhkan daerah Provinsi Jambi yang kita cintai ini, dan kemanfaatannyannya bagi daerah dan masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama, Provinsi Jambi kita kaya akan sumber daya alam. Mulai dari sektor pertanian, perkebunan sampai pertambangan mineral dan batubara.

Nah, kita juga tahu, investasi seperti batubara, sudah beroperasi sejak bertahun tahun lama ini. Kita juga tahu efeknya seperti apa begitu investasi ini menjadi primadona dan membawa keuntungan besar bagi pelaku usaha bidang ini.

Tetapi dampak negatifnya juga kita ketahui bersama. Akibat produksi batubara yang melimpah, membuat transportasi batubara juga ikut melimpah ruah.

Belasan ribu unit mobil mengangkut batubara sepanjang hari dari barat Provinsi Jambi hingga ke Pelabuhan Talang Duku, Provinsi Jambi wilayah timur.

Sepertinya bagian ini tak perlu lagi kita bahas. Bagaimana kompleksnya kemacetan lalu lintas akibat transportasi batubara menggunakan jalan nasional. Sama sama tahu dan sama sama kita rasakan bersama.

Lalu bagaimana dengan investasi lain?

Ternyata daerah kita juga punya pontesi besar di sektor minyak-gas (migas) dan emas.

Investasi di sektor migas sudah berjalan sejak lama. Pelaku atau kontraktor migas juga banyak beroperasi di Provinsi Jambi. Salah satunya PT PetroChina. Lalu apa manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat? Saya rasa ada, walau belum maksimal.

Kemudian dari tambang emas. Potensinya juga sangat besar. Wilayah barat Provinsi Jambi adalah daerah terbanyak potensi sumber daya alam jenis emas ini.

Bahkan sudah ada investor yang bereksplorasi di Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun. Ialah PT ANTAM (Aneka Tambang) Tbk, satu perusahaan negara yang bergerak khusus di pertambangan emas.

Tetapi bagaimana kelanjutan investasi PT Antam Tbk ini? Yah, seperti kita ketahui bersama, sampai hari ini, belum jelas tindak lanjut investasi perusahaan ini untuk sektor pertambangan emas di Provinsi Jambi.

Jadi kesimpulannya, apapun jenis investasi di Provinsi Jambi, kita baik DPRD Provinsi Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi maupun masyarakat Jambi secara umum, pasti menyambut baik setiap investor yang datang.

Tetapi, ada baiknya, sebelum beroperasi, kita perlu membahas segala aspek baik buruknya, positif negatif, maupun langkah-langkah strategis agar investasi yang bakal masuk itu, bisa membawa manfaat besar bagi daerah dan masyarakat Provinsi Jambi.

Investasi perlu, manfaat bagi daerah dan masyarakat, juga tentu sangat perlu.

Begitu saja percakapan singkat kita hari ini. Selamat berpuasa. Tetaplah bersabar dalam segala kondisi.(red/adv)

Edi Purwanto (biasa disapa Ketua Edi), Ketua DPRD Provinsi Jambi

No More Posts Available.

No more pages to load.