Sekda Budhi Hartono: ADD Muaro Jambi Naik

oleh -384 Dilihat
Sekda) Budhi Hartono
Sekda Muaro Jambi, Budhi Hartono. (Ist)

Muaro Jambi, Angsoduo.net – Kabar Gembira bagi para Kepala Desa. Pasalnya, ADD yang semula dikabarkan turun dari tahun sebelumnya, ternyata pasca dilakukan pertemuan dengan pihak DPRD dan Pemkab Muaro Jambi di Gedung DPRD ternyata terjadi kenaikan.

Pada Senin 09 Januari 2023 siang, Puluhan Kades mendatangi Kantor DPRD Muaro Jambi guna mempertanyakan dana ADD yang sebelumnya ditetapkan oleh Pemerintahan Kabupaten Muaro Jambi angkanya jauh turun dari tahun 2022 lalu.

Setelah melalui proses pertemuan yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam, akhirnya Sekda Muaro Jambi memberikan kabar gembira.

Sekda Budhi Hartono saat ditemui awak media Pasca mengikuti Rapat bersama Anggota DPRD dan para Kades menyebutkan, semula saat penyusunan APBD sebelumnya, Pemkab Muaro Jambi berpedoman pada Perpres 130 tahun 2022.

Pada waktu itu penyusunan ADD rumusnya adalah dari dana DAU yang tidak ada peruntukannya ditambah dengan hasil DBH dikali 10 persen (DAU + DBH X 10 %) maka didapati hasilnya didapati sebesar Rp 69 milyar. Angka tersebut memang menurun jika dibandingkan dengan ADD tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar Rp 73 milliar.

Setelah hal tersebut ditetapkan beberapa waktu lalu, baru lah, pada tanggal 04 Januari 2023 kemarin dari hasil zoom meeting dengan menteri keuangan itu ternyata yang dibagi itu ternyata dari hasil total keseluruhan DAU ditambah DBH dibagi 10 persen maka didapatlah hasilnya Rp83 milyar lebih.

“Alhamdulillah ada peningkatan, dan untuk kekurangan itu kita sudah antisipasi, sehingga dengan ada perubahan penghitungan ini kita bisa menutup itu,” ungkap sekda, Senin (09/01/2023).

Saat ditanya awak media, apakah kenaikan tersebut karena adanya kedatangan para kades, Sekda Muaro Jambi menampik hal tersebut. “Tidak ada kaitan dengan kedatangan Kades. Yang ada, karena kita baru dapat informasi tanggal 4 Januari kemarin. Kita baru mau menyampaikan ke mereka, para kades sudah membuat surat untuk bertemu dengan Pemkab dan DPRD makanya hari ini langsung kita sampaikan,” sebut Sekda.

Sementara itu Kades Mudung Darat Muhammad Ali saat ditemui mengaku bersyukur ADD kembali naik. “Alhamdulillah dak jadi turun, angka nya malah lebih dari tahun lalu. Ini akan kami pergunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya singkat. (red/adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.