Peringati Hapernas 2022, Dinas PUPR Provinsi Jambi Lakukan Bedah Rumah Warga

oleh -254 Dilihat
Foto Istimewa.
Foto Istimewa.

Angsoduo.net – Memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2022, dinas PUPR Provinsi Jambi menggelar kegiatan bedah rumah terhadap dua rumah warga Kelurahan Mayang Mangurai. Selain itu, juga dilakukan perbaikan fasilitas umum di perumahan.

Kegiatan Hapernas 2022 yang digelar Dinas PUPR Provinsi Jambi dipusatkan di perumahan Graha Athena dan lingkungan RT 40 Kelurahan Mayang Mangurai. Acara yang digelar pada Rabu (7/12/2022) tersebut, dihadiri langsung Gubernur Jambi, Al Haris.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi mengatakan, pada peringatan Hapernas 2022 ini mengangkat tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak Dan Terjangkau Untuk Kita Semua”. Sementara untuk pemilihan lokasi, karena perumahan Graha Athena merupakan perumahan subsidi yang sudah hampir 15 tahun tidak ada pengelolaan dan ditinggalkan oleh developer.

“Lingkungan RT.40 ini juga termasuk kategori kumuh ringan, dengan kondisi kerusakan PSU yang cukup signifikan serta masih terdapat bangunan hunian yang tidak layak huni,” jelasnya.

M Fauzi juga mengungkapkan, pemilihan lokasi juga berdasarkan permohonan tertulis dari RT setempat. Dalam melaksanakan perbaikan di RT 40 Kelurahan Mayang Mangurai peran aktif masyarakat juga sangat tinggi.

Sebelum puncak acara, pihak Dinas PUPR Provinsi Jambi terlebih dahulu memberikan stimulan berupan bantuan material dna pendampingan teknis. Hal ini dilakukan, untuk mendorong peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas PSI lingkungannya.

Selain melakukan bedah rumah pada dua rumah warga, bantuan yang diberikan berupa perbaikan saluran drainase perumahan, pengecoran bahu jalan, pengecatan pos kamling, pengecatan mural posyandu, pengecatan gerbang lingkungan, pembuatan mural tempat bermain anak dan beberapa kegiatan lainnya.

“Selain di Kelurahan Mayang Mangurai, kita juga melakukan kegiatan di RT 40 Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Paal Merah,” kata M Fauzi.

“Dalam kegiatan ini kami dari Dinas PUPR Provinsi Jambi bekerjama dengan Universitas Adiwangsa Prodi Arsitektur sebagai fasilitator dalam upaya memberikan bantuan teknis dan pendampingan kepada swadaya masyarakat dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan itu, Gubernur Jambi, Al Haris menyerahkan langsung bantuan ke masyarakat secara simbolis. Ia turun melakuan peninjauan terhadap rumah yang diperbaiki, serta turut menggambar mural.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi menyampaikan, jika dirinya sangat mengapresiasi kepada Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi yang telah menginisiasi kegiatan ini. Dirinya juga menyebutkan, jika pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan peningkatan rumah layak huni.

“Harapan saya, Peringatan Hari Perumahan Nasional Tahun 2022 ini bias jadi momentum dalam meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk mendapatkan hunian rumah layak huni,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyempatkan melakukan dialog dengan warga setempat. Dalam dialog tersebut, beberapa warga meminta bantuan kepada gubernur untuk pemenuhan fasilitas umum di lingkungan mereka. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.