Al Haris: Pramuka Latih Anak Bangsa Lebih Berkarakter

oleh -73 Dilihat
Gubernur Jambi, Al Haris hadir pada Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2022
Gubernur Jambi, Al Haris hadir pada Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2022. Foto: Angsoduo.net

Angsoduo.net – Gubernur Jambi, Al Haris sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabinda) Kwartir Daerah Jambi mengemukakan, gerakan Pramuka bisa melatih anak-anak bangsa supaya memiliki karakter yang lebih baik.

Hal tersebut dikemukakan Al Haris pada Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Jambi, Rabu (07/09/2022).

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun 2022 adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

“Kita mengajak anak-anak bangsa untuk bergabung dengan gerakan pramuka karena banyak hal yang positif yang didapatkan. Kita mengharapkan gerakan pramuka ini melatih karakter anak-anak kita supaya mempunyai kepribadian yang lebih baik lagi kedepannya,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, maksud dari tema peringatan Hari Pramuka Tahun 2022 adalah untuk menunjukkan tekad agar terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, dimana pengabdian merupakan bagian dari pendidikan dalam gerakan pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, gerakan pramuka telah mendidik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

“Sikap perhatian terhadap sesame bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan pada lingkungan keluarga masing-masing maupun pada lingkungan masyarakat disekitar tempat tinggal. Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya,” tutur Al Haris.

“Dalam semua kode kehormatan gerakan pramuka, ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan,” tutup Al Haris. (red/adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.