Edi Purwanto Dukung Pembebasan Kawasan Candi Muarojambi dari Stokpile Batu Bara

oleh -48 Dilihat
Edi Purwanto Dukung Pembebasan Kawasan Candi Muarojambi dari Stokpile Batu Bara
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. Foto: Angsoduo.net

Angsoduo.net – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mendukung pembebasan kawasan Candi Muaro Jambi dari stokpile batu bara.

“Stokpile harus pindah kalau membuat legesi terkait cagar budaya nasional candi Muaro Jambi,” kata Edi, Senin (24/1/2022).

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mendukung terkait dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu soal membebaskan kawasan Candi Muarojambi dari stokpile batu bara.

Edi Purwanto memberikan dukungan tersebut karena menurutnya dengan membebaskan kawasan cagar budaya dari stokpile batu bara, maka kawasan tersebut akan tertata dan memang sudah seharusnya hal tersebut secara tegas kini untuk dilakukan.

“Secara prinsip saya mendukung upaya untuk menjaga dan menata Candi Muarojmbi. Candi terluas di asia tenggara dengan luas 3981 Hektare dan merupakan percandian agama hindu-Budha pada abad 7 -13 ini perlu dijaga dan di rawat,” ujarnya.

Edi Purwanto bilang, terhadap hal ini pemerintah sudah harus mulai memikirkan untuk membebaskan aktivitas stokpile batu bara di kawasan tersebut. Apalagi menurutnya memang sudah banyak laporan yang masuk terkait dengan aktivitas stokpile batu bara yang memang dikhawatirkan menganggu percandian tersebut.

“Apalagi pemerintah pusat melalui Pak Luhut berkomitmen untuk membangun Candi Muarojambi bahkan dimungkinkan didirikan kampus merdeka. Kita berharap ini bisa direspon baik dan dilaksanakan oleh pemerintah,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.