Gubernur Jambi Al Haris Hadiri Acara Adat Jambi Nyangoh Dusun

oleh -146 Dilihat
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris saat hadiri acara nyangoh dusun.


Angsoduo.net – Gubernur Jambi Dr H Al Haris, S.Sos, M.H beserta istri Hj Hesnidar Haris, S.E pulang ke kampung halaman dalam rangka Nyangoh Dusun.

Nyangoh Dusun merupakan adat syukuran untuk menyambut anak negeri yang telah berhasil di perantauan. Dimana Al Haris sendiri saat ini telah menjadi Gubernur Jambi untuk periode 2021-2024.

Penyelenggaraan Nyangoh Dusun bertempat di lapangan Desa Sekancing, Kecamatan Tiang Pumpung, Kabupaten Merangin, Kamis (23/12/2021).

Acara Nyangoh Dusun merupakan ucapan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diselenggarakan masyarakat Desa Sekancing atas keberhasilan yang telah dicapai oleh putra daerah.

Gubernur Jambi, Al Haris turut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sekancing yang selama ini telah memberikan dukungan dan doa, hingga bisa mencapai titik saat ini mendapatkan amanah dari masyarakat Jambi, khususnya masyarakat Desa Sekancing untuk memimpin Provinsi Jambi.

“Saya berada pada posisi saat ini, tidak terlepas dari dukungan dan doa masyarakat Desa Sekancing yang saya cintai, tanah dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hasan Basri Agus (HBA) yang telah saya anggap sebagai orang tua, guru sekaligus sahabat,” kata Al Haris.

“Pak HBA telah banyak berjasa yang selama ini telah membimbing saya, hingga bisa berada pada posisi saat ini mendapatkan amanah untuk memimpin Provinsi Jambi. Berkat arahan bimbingan, arahan dan dukungan dari Pak HBA saya bisa terus melanjutkan sekolah,” tambahnya.

Al Haris menceritakan kisah perjalanan hidup yang panjang, mulai dari tamat sekolah hingga saat ini mendapatkan amanah dari masyarakat Jambi untuk memimpin Provinsi Jambi, Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

“Saya mengawali karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari golongan I karena saat mendaftar PNS menggunakan ijazah SMP. Saat lulus PNS, harus menunggu setahun untuk mendapatkan SK PNS sehingga selama menunggu SK turun harus berjualan martabak untuk menyambung hidup,” sebut Al Haris.

“Dalam pikiran saya waktu itu, setidaknya saya bisa melanjutkan hidup dengan berjualan martabak jika SK PNS tidak juga keluar. Alhamdulillah, bulan Maret 1992 SK PNS keluar dan ditempatkan di RRI sebagai staf teknis sebagai operator studio dengan golongan I.b,” tuturnya.

Al Haris mengungkapkan, telah banyak menjalani dinamika kehidupan hingga bisa terus melanjutkan sekolah sampai pada posisi saat ini.

“Saya sudah bertekad untuk terus bekerja keras dan berusaha dengan sungguh sunggu untuk melanjutkan sekolah, karena sadar saya hanya seorang anak kampung yang mengadu nasib di Kota untuk merubah hidup menjadi lebih baik lagi,” ungkap Al Haris.

“Alhamdulillah dengan banyak proses dan berbagai dinamika kehidupan yang saya jalani, hingga saat ini saya mendapatkan amanah dari masyarakat Jambi untuk memimpin Provinsi Jambi. Saya tidak menyangka bisa berada di posisi seperti ini, untuk itu saya meminta masyarakat Desa Sekancing untuk terus mendukung dan mendoakan saya dalam memimpin Provinsi Jambi sehingga Provinsi Jambi menjadi lebih baik lagi kedepannya dan masyarakatnya semakin sejahtera,” tutup Al Haris.

Sementara, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Provinsi Jambi, Drs H Hasan Basri Agus, M.M menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tidak melupakan kampung halaman, seperti pepatah Arab yaitu: ‘haram atas kalian lupa akan asal’ dan Al Haris beserta istri adalah orang yang tidak pernah melupakan kampung halaman, dengan membuktikan hadir pada acara Nyangoh Dusun hari ini.

“Saya mengetahui dari awal bagaimana perjuangan hidup dan perjuangan karir Al Haris beserta istri. Al Haris adalah tipe orang yang pekerja keras dan mau terus belajar, jadi tidaklah heran kalau bisa berada pada posisi seperti saat ini, karena semua yang telah didapat saat ini berkat perjuangan, usaha dan doa,” kata HBA.

Selain itu, Kepala Desa Sekancing, Syafrizal mengatakan, Pemerintah Desa Sekancing bersama masyarakat Desa Sekancing merasa bahagia telah kedatangan Gubernur Jambi dalam rangka acara Nyangoh Dusun ini.

“Kami sangat berbangga hati kedatangan orang nomor satu di Provinsi Jambi dan yang lebih membanggakan adalah Gubernur Jambi ini berasal dari Desa Sekancing,” sebut Syafrizal.

“Kami masyarakat Desa Sekancing selalu mendukung dan mendoakan Bapak Gubernur Jambi sukses dalam memimpin Provinsi Jambi, sehingga Provinsi Jambi khususnya Desa Sekancing ini kedepannya menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.