Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama tempat (11)


Penamaan danau ditemukan di Dusun Danau (Marga Pelepat). Marga Sungai Tenang terdapat Dusun Sungai Danau Pauh. 


Di Sponjen dikenal Danau gerogol. DI Desa Rukam dikenal “danau teluk menpuh rumbe tebal lapok mengkung, danau sirih, danau alahan, danau cempak, danau lenban condong danau menncangur, danau sarang burung, Danau Gerang dan Danau empang palang.  Di Muara Jambi dikenal Desa Danau Lamo. 


Di Marga Batin V Sarolangun dikenal Danau Bulen. Di Marga Pelawan dikenal Muara Danau. Begitu juga di Desa Karang Mendapo dikenal juga Dusun Muara Danau. 


Sedangkan Danau terumbai” merupakan batas (Tembo) antara Marga VII Koto dan Marga IX Koto. Nama Danau terumbai sering disebutkan didalam Marga VII Koto 


Sedangkan Tanjung dapat ditemukan sebagai nama Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. 


Di Marga Sungai Tenang dikenal Tanjung Alam dan Tanjung Mudo. Di Marga Batin III Ilir dikenal Tanjung Gedang. Di Marga Batin II Babeko dikenal Tanjung Menanti. Selain itu juga dikenal Tanjung Agung (Batin VII) di Kabupaten Bungo. 


Istilah Bukit dapat ditemukan Dusun Bukit Sari, Pulau Batu (Marga Jujuhan), Bukit Telago (Marga Pelepat), Bukit Gajah Berani, Bukit Gedang, Bukit Mujo, Bukit Tepanggang (Marga Renah Pembarap), Bukit Tiung (Marga IX Ulu). Sebelumnya Bukit Tiung bernama Pulau Piul. 


Di Marga Pangkalan Jambu dikenal Bukit Perentak. Sedangkan  “Bukit Tungku” merupakan batas Marga Pangkalan Jambu dengan Kerinci. 


Di Tanjung Mudo dikenal “Bukit Sedingin”. Di Desa Lubuk Beringin (Marga Senggrahan) dikenal Bukit Kemulau Tinggi dan Bukit Kemulau Rendah. Di Desa Durian rambun dikenal “Bukit Gambut’ 


Didalam SK BUPATI Sarolangun Nomor 206 Tahun 2010Tentang Pengukuhan Kawasan Hutan Adat Bukit Bulan “Batin Jo PenghuluHutan Adat Bukit Bulan Batin Jo Panghuku didalam Di Marga Batin VI Mandiangin dikenal “Desa Bukit Peranginan. Di Marga Bukit Bulan dikenal Bukit Raya. 


Di Marga Pelawan dikenal Bukit Padang Sungkai, Bukit Batu. DI Marga Batin Pengambang dikenal Bukit Seruling/Bukit Tandus. Bukit Seruling/Bukit Tandus dijaga sebagai “benteng’ air dan kepentingan untuk masa depan. Di Marga Petajin, Lubuk Mandarsyah mengenal “Bukit Rinting”. Sedangkan Bukit bakar dikenal di Kembang Seri (Marga Maro Sebo ulu). 


Di Marga Sumay dikenal “Bukit Tiga Jurai”. Bukit Tiga Jurai kemudian dikenal sebagai Bukit Tigapuluh yang ditetapkan menjadi Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Di daerah Air Hitam dikenal Taman Nasional Bukit Duabelas. 


Diantaranya bukit Daun Salo di Bukit Seling, Bukit selasih, Bukit Siguntang. Selain  itu juga dikenal  Bukit Tambun Tulang. Ada juga menyebutkan Bukit Alur babi, bukit Ulu tandikat, bukit ulu benglu, bukit ulu sungai rambutan, bukit ngayau, bukit badak teguling, bukit bakar, bukit ulu senanam, bukit mendelang, bukit temiang, bukit merbau, bukit tunggul berempat.  


Istilah Salo bisa ditemukan dalam Tambo Dusun Pemayungan dan Dusun Semambu yaitu Salo Belarik 


Tembo “Kerbau bekuak terus ke Dataran bukit Daun Salo di Bukit Seling, Bukit Tambun Tulang” adalah batas Jambi dengan Provinsi Riau. Sedangkan “Bukit selasih, Bukit Siguntang adalah rimbo simpanan atau rimbo larangan”. 


Nama Bukit Selasih adalah nama dusun asal Desa Semambu. 


Sedangkan penamaan bukit merupakan batas-batas marga Senggrahan dengan Marga yang lain. Seperti “bukit Majo” dengan Marga Peratin Tuo, “Bukit punggung Parang” dengan Marga Tiang Pumpung, Bukit Sengak, Bukit Kapung, Bukit Gagah Berani” dengan Marga Pangkalan Jambu, “Bukit Kemilau Rendah, Bukit Kemilau Tinggi, bukit tepanggang. Dengan Marga Renah Pembarap. 


Batas antara Marga Senggrahan dengan Marga Pangkalan Jambi merupakan keunikan. Marga Senggrahan menyebutkan Bukit Kapung Sungai Tinggi Bane Belalang Bukit Gagah berani”. Sedangkan Marga Peratin Tuo menyebutkan “Bukit berani. Sedangkan Marga Pangkalan Jambu menyebutkan “Bukit lipai besibak. Lubuk Birah juga menyebutkan “Bukit Lipai besibak”.  


Bukit Kapung Sungai Tinggi Bane Belalang Bukit Gagah berani” atau “Bukit berani” atau “Bukit lipai besibak menunjukkan tempat yang sama. Atau dengan kata lain, penamaan yang berbeda namun menunjuk tempat yang sama. 


Didalam Marga Sungai Tenang terdapat pembagian wilayah. Dengan menggunakan punggung (bukit) maka bisa ditentukan dusun asal dari Punggung Bukit Maka dikenal istilah “Pungguk 6”, “pungguk 9” dan Koto 10”.


Di Marga Batin Datuk Nan Tigo dikenal Dusun Bukit Tanggo Batu. Di MARGA BATANG ASAI TENGAH dikenal Bukit Lanca.  


Penamaan Bukit dapat dilihat sebagai Nama Marga Bukit Bulan. 


Di Kerinci dikenal Hutan Adat Bukit Sembahyang dan Padun Gelanggang,
Hutan Adat Bukit Tinggai. Di Marga Batin II Ulu dikenal Bukit Bujang Dusun Senamat ulu Sebagai Hutan Adat dan telah dikukuhkan berdasarkan SK Bupati Kabupaten Bungo nomor 48/HUTBUN Tahun 2009 seluas 223 ha. 


Istilah bukit dapat ditemukan didalam seloko seperti “Kebukit samo mendaki, kelurah samo menurun”